Jurusan

SMK Negeri 40 Jakarta Memiliki 5 Jurusan, Yaitu:

1. Akuntansi & Keuangan Lembaga (AKL)

Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga secara umum memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali peserta dengan keterampilan akuntansi, mengelola transaksi keuangan, pajak dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter sehingga lulusannya dapat menjadi staff accounting yang handal.

2. Manajemen Perkantoran & Layanan Bisnis (MPLB)

Jurusan MPLB atau dulunya Otomatisasi & Tata Letak Perkantoran (OTKP) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Manajemen Perkantoran pada Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Jurusan MPLB akan membekali siswa dengan kemampuan pada bidang administrasi  baik secara pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor. Secara teknis SMK Jurusan MPLB akan mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations dengan memanfaatkan pengetahuan keterampilan teknologi informasi.

3. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Desain Komunikasi Visual atau sering juga disebut DKV adalah salah satu dari banyaknya jurusan di SMK. Jurusan DKV ini merupakan suatu jurusan SMK di bidang komputer yang mempelajari tentang penggunaan komputer guna untuk menyajikan data teks, suara, gambar, animasi, serta video yang dibuat semenarik mungkin dengan tools-tools yang sudah tersedia seperti halnya Adobe Photoshop, CorelDraw, Freehand, Adobe After Efect, dan lain-lain. 

4. Pemasaran (PM)

Pemasaran adalah sebuah kompetensi keahlian (jurusan) yang mempelajari dasar – dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet). Di Kompetensi Keahlian Pemasaran siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis.

5. Pengembangan Perangkat Lunak & Game (PPLG)

PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak & Game) merupakan salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). PPLG mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas. Bukan hanya itu, PPLG juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tertentu. Intinya PPLG tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan PPLG tersebut.